Tuesday, August 29, 2017

Modul 2 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

Modul 2 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan

MKDU4111 - PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



RANGKUMAN

MODUL 2

Wawasan Nusantara



Kegiatan Belajar 1

Latar Belakang Wawasan Nusantara

          Wasantara tumbuh dan berkembang sesuai dengan kepentingan nasional Indonesia, berangkat dari pengalaman sejarah bangsa Indonesia yang rawan perpecahan, keinginan untuk memanfaatkan konstelasi geografi Indonesia yang berupa kepulauan dan berada di tengah - tengah dunia (posisi silang) untuk kejayaan bangsa dan negara. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus mempunyai cara pandang, cara lihat, cara tinjau terhadap diri dan lingkungannya. Cara pandang itu melihat kepulauan Indonesia (perairan dan pulau) dan segala aspek kehidupan di dalamnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Cara pandang itu disebut sebagai Wasantara.
          Pandangan yang demikian ini berkaitan dengan konsep geopolitik dan geostrategis yang perlu mendapat pengakuan Internasional. Oleh karena itu, bangsa Indonesia memperjuangkan dalam forum hukum laut internasional maupun menjadikan perjanjian dengan negara - negara tetangga mengenai batas wilayah. Baru pada tahun 1982, konvensi Hukum Laut menerima asas negara kepulauan atau asas nusantara diterima sebagai hukum internasional, dan bersamaan dengan itu pula ditetapkan perluasan yurisdiksi negara - negara pantai di lautan bebas atau ZEE. Hasil konvensi ini disahkan pada bulan Agustus 1983 di New York.


Tes Formatif 1

Petunjuk : Berilah tanda silang (X) pada huruf :

A. Jika pernyataan benar dan sebab benar dan merupakan sebab akibat
B. Jika pernyataan dan sebab benar, tetapi tidak merupakan sebab akibat
C. Jika pernyataan atau sebab salah
D. Jika pernyataan dan sebab salah

1. Konsep Wawasan dikembangkan untuk menjamin kepentingan bangsa Indonesia yang hidup di lingkungan Nusantara sesuai dengan Pancasila. A
Sebab
Pancasila adalah falsafah hidup bangsa Indonesia.

2. Geostrategi Indonesia dikembangkan dari teori ruang. C
Sebab
Teori ruang adalah teori yang berkaitan dengan ruang hidup bangsa.

3. Dalam menyusun strategi untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa, faktor - faktor yang menguntungkan harus lebih diperhatikan daripada yang kurang atau tidak menguntungkan. D
Sebab
Faktor yang tidak menguntungkan tidak akan berpengaruh terhadap kelangsungan hidup satu bangsa di Indonesia.

4. Proses akulturasi terjadi secara damai. A
Sebab
Bangsa Indonesia bersikap terbuka terhadap kebudayaan asing.

5. Menurut Retzel negara dapat berkembang asal rakyatnya mempunyai kemampuan teknologi. C
Sebab
Kemampuan teknologi meningkatkan kondisi ekonomi negara.



Kegiatan Belajar 2

Hakikat dan Unsur Dasar Wawasan Nusantara

          Wasantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan sesuai denganPancasila dan UUD 1945 yang dilatarbelakangi oleh keadaan geografis negara, serta sejarah yang dialaminya dan lingkungan strategik di sekitarnya. Jadi pada dasarnya, Wasantara merupakan perwujudan nilai - nilai Pancasila di dalam kehidupan kenegaraan dan kemasyarakatan. Wasantara merupakan landasan dalam menyusun, meningkatkan serta membina Tannas yang perwujudan dilaksanakan melalui pembangunan pada segala bidang kehidupan nasional. Landasan hukum Wasantara ialah TAP MPR sejak 1973 - 1993. Tujuan Wasantara ke dalam ialah mempersatukan bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupan nasionalnya dan ke luar, ikut serta dalam upaya penertiban dunia. Unsur dasar Wasantara meliputi wadah RI yang berwujud Nusantara, isi yang berupa falsafah Pancasila, dan tata laku yang tertuang dalam UUD 1945. Ajaran Wasantara ialah wujud dan isi kepribadian bangsa, yang hendak mewujudkan diri dalam lingkungan Nusantara yang sarwa Nusantara menurut cara - cara Indonesia di dalam kehidupan yang sarwa pula. Ikhtisar unsur dasar Wasantara.


Tes Formatif 2

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

1. Pernyataan - pernyataan berikut merupakan cita - cita tujuan bangsa Indonesia, kecuali .....
A. Bangsa Indonesia menginginkan kemajuan teknologi dan keamanan wilayah
B. Bangsa Indonesia menginginkan peningkatan mutu pendidikan dan persahabatan dengan bangsa - bangsa lain, wilayah yang aman, dan hidup layak
C. Bangsa Indonesia menginginkan kekuasaan mutlak di lautan dan kemajuan teknologi persenjataan
D. Bangsa Indonesia menginginkan wilayah yang utuh

2. Tindakan - tindakan berikut sesuai dengan cita - cita atau tujuan bangsa Indonesia, kecuali .....
A. menjadi anggota suatu pakta pertahanan, seperti Pakta Atlantik Utara
B. membeli senjata strategis
C. melakukan latihan militer gabungan dengan negara - negara ASEAN
D. menjadi anggota OPEC

3. Wasantara ditetapkan agar bangsa Indonesia dapat .....
A. memperbaiki batas wilayah
B. meningkatkan kekuasaan di lautan
C. menjamin ketertiban dan perdamaian dunia
D. menjamin kepentingan nasional

4. Wasantara merupakan .....
A. penjabaran Pancasila dalam pengelolaan lingkungan
B. cara pandang bangsa Indonesia tentang kehidupan bersama yang damai
C. cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945
D. cara pandang bangsa Indonesia tentang kepentingan di tengah - tengah dunia yang terus berubah

5. Tujuan Wasantara ialah agar .....
A. suku - suku bangsa Indonesia dan bangsa - bangsa lain di dunia dapat bersatu
B. bangsa Indonesia dapat mendamaikan bangsa - bangsa yang berselisih serta dapat mengamankan wilayahnya sendiri
C. bangsa Indonesia dapat menguasai lautan di sekitar wilayah Indonesia
D. wilayah Indonesia bersatu dalam semua aspek kehidupan dan dapat turut serta dalam mewujudkan dunia yang damai



Kegiatan Belajar 3

Wasantara sebagai Landasan Ketahanan Nasional dan Pembangunan Nasional

          Wasantara merupakan sumber utama dan landasan kehidupan nasional. Ia merupakan dunia adeal yang kita tuju dan sebagai landasan dari tannas. Tannas pada hakikatnya kemampuan dan ketangguhan bangsa, untuk menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara. Tannas ini merupakan dunia nyata yang perlu diwujudkan. Pembangunan nasional (bangnas) harus merupakan perwujudan wasantara dan memperkokoh tannas. Pada hakikatnya pembangunan nasional adalah proses kegiatan mewujudkan Tannas.
          Berhasilnya pembangunan akan meningkatkan tannas dan tannas yang tangguh akan mendorong pembangunan nasional. Wajah Wasantara sebagai :
  1. Wawasan nasional            ---------->     TANNAS
  2. Wawasan bangnas           ---------->     Pola dasar bangnas
  3. Wawasan kewilayahan     ---------->     Hukum laut PBB
  4. Wawasan Hankam            ---------->     Sishankamnas
          
          Wasantara harus selalu menjadi landasan dari setiap perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan dalam tata kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.


Tes Formatif 3

Pilihlah :

A. Jika (1) dan (2) benar
B. Jika (1) dan (3) benar
C. Jika (2) dan (3) benar
D. Jika (1), (2), dan (3) benar

1. Wasantara adalah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Cara pandang ini melihat Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh di antara aspek ..... A
(1). fisik geografik
(2). sosial
(3). laut dan manusia

2. Wasantara bukan hanya cara kita memandang diri kita sebagai bangsa, tetapi juga bagaimana cara memanfaatkan kondisi fisik - geografik dan sosial dalam lingkungan strategik bangsa Indonesia untuk kepentingan pembangunan nasional dalam kerangka mencapai tujuan nasional. Dalam hal ini Wasantara berperan sebagai : B
(1). geopolitik bangsa Indonesia
(2). sistem politik bangsa Indonesia
(3). geostrategi bangsa Indonesia

3. Untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, dalam menuju kejayaan bangsa dan negara diperlukan Tannas. Pada hakikatnya Tannas adalah : C
(1). kejayaan hidup bangsa
(2). kemampuan bangsa
(3). ketangguhan bangsa

4. Pembangunan nasional adalah pembangunan semua aspek kehidupan bangsa. Pembangunan nasional merupakan : D
(1). perwujudan Wasantara
(2). memperkokoh Tannas
(3). meningkatkan kesejahteraan

5. Pembangunan nasional diselenggarakan melalui pendekatan Tannas. Dengan pendekatan Tannas mencerminkan pembangunan yang ..... B
(1). dilakukan pada seluruh aspek kehidupan bangsa
(2). ditekankan pada bidang ekonomi dan sumber daya manusia
(3). dilakukan secara terpadu pada seluruh aspek kehidupan bangsa  


BERIKUTNYA :

- Modul 3 : MKDU4111 - Pendidikan Kewarganegaraan